Pages

Sarapan Strawberry, tomat dan Blueberry Mampu Turunkan Kadar Kolesterol



Strawberry dan blueberry yang berwarna menarik rasanya asam segar. Buah ini sering dijadikan hiasan cake, jus atau dimakan segar. Selain vitamin dan mineral keduanya mampu menurunkan kadar kolesterol darah.

Kedua jenis buah berry ini memang sangat direkomendasikan untuk menurunkan kolesterol. Ukurannya yang mungil dengan rasa yang segar bisa jadi camilan sehat bagi para penderita kolesterol. Blueberry dan strawberry jadi jenis yang banyak  disukai., terlebih jika dimakan segar.

Strawberry memang ampuh menurunkan kolesterol. Lewat sederetan penelitian, para peneliti di University of Oklahoma mengemukakan kesimpulan jika kandungan nutrisi dalam strawberry bisa menurunkan kadar kolesterol. 



http://4.bp.blogspot.com/_P7I8IYxBfKw/TKRD7uIxjFI/AAAAAAAAAPE/j2B3vnAbnlk/s1600/strawberry_sweet_temptation.jpg

Para partisipan dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal 'Nutrition Research' dan dimuat dalam situs Live Strong ini memakan buah strawberry dalam jumlah yang telah ditentukan. Setiap harinya, mereka diminta mengonsumsi 3 cup strawberry selama 8 minggu. Hasilnya, kadar kolesterolnya berangsur menurun.

Sementara itu, blueberry juga jadi jenis yang ampuh menumpas kolesterol jahat. Di dalamnya terdapat serat tinggi pada bagian kulitnya yang juga membantu menurunkan kolesterol.

Hal tersebut disimpulkan lewat penelitian yang dilakukan oleh tim dari U.S. Department of Agriculture. Penelitian dilakukan terhadap hamster yang diberikan ekstrak buah blueberry secara teratur. Hasilnya, kadar kolesterol hewan tersebut menurun secara signifikan.

Selain kandungan seratnya, blueberry diketahui memiliki kandungan antioksidan Anthocyanin yang tinggi. Antioksidan ini berperan penting dalam melawan radikal bebas yang mempengaruhi kerusakan sel.

Jika akan mengonsumsi starwberry dan blueberrry dianjurkan dalam keadaan segar, tanpa diolah. Atau jika dibuat jus sebaiknya tanpa tambahan gula dan bahan lainnya. Semakin segar akan semakin besar manfaatnya untuk tubuh. Bisa dikonsumsi saat sarapan atau sebagai camilan sehat.





http://1.bp.blogspot.com/-pLOi6XZ3SFM/TsRe2LYOpSI/AAAAAAAAAI0/1bbv2c44ufs/s1600/blueberry_fruits5457.jpg

 

 

Cegah Diabetes dan Kolesterol Tinggi dengan Makan Tomat Saat Sarapan

  Buah tomat yang bertekstur lunak mengandung banyak air. Tomat bisa dikonsumsi sebagai pengganti buah lainnya di pagi hari, untuk membantu mengontrol kadar kolesterol darah dan mencegah penyakit jantung.

Tomat sangat baik dikonsumsi segar atau bisa juga menjadi pilihan buah di pagi hari, sebagai pendamping menu sarapan. Karena khasiatnya yang banyak, tomatpun dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari.

Kandungan lycopene dalam buah ini merupakan phytonutrien yang diyakini bermanfaat dalam mencegah penyakit kanker prostat, kanker payudara, kanker paru-paru dan kanker penkreas. Menurut WHFoods, tomat juga ampuh mencegah penyakit jatung.

Stiap 100 gran tomat mengandung sekitar 58 persen vitamin C. Vitamin ini dapat membantu mencegah infeksi pada tubuh, meningkatkan penyerapan zat besi dan menjaga kesehatan jaringan ikat. Selian itu, kandungan vitamin C ini dapat menghaluskan kulit dan mengurangi stres akibat bekerja.

Sedangkan kandungan vitamin A-nya dapat menjaga kesehatan mata. Juga menjaga sistem kekebalan tubuh. Tomat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita hipertensi dan diabetes karena sumber seratnya dapat menjaga kolesterol dan kadar gula darah.

Jika bosan dimakan segar, olah tomat menjadi pure, atau jadikan isian burger dan sandwich. Nah jika suka dengan jus, jus tomat yang segar tanpa gula bisa jadi alternatif menu sarapan.


http://2.bp.blogspot.com/_n-7fOeq--8s/S8KkxnQ_tMI/AAAAAAAAADA/Eyi79yd6I2A/s1600/tomat%203.jpg


sumber | iniunic.blogspot.com | http://food.detik.com/read/2013/03/13/061752/2192304/900/sarapan-strawberry-dan-blueberry-mampu-turunkan-kadar-kolesterol?991104topnews

0 comments:

Post a Comment