Pages

Menciptakan Gambar Realistis Dengan Mesh Fill di CorelDRAW

Beberapa waktu yang lalu salah satu sahabat kita (indoCCom) yaitu Pak Koen Edward share sebuah karya di group dalam tajuk "Beda Gaya Beda Cerita", yang menurutku ini adalah karya yang spektakuler yang layak disejajarkan dengan karya-karya desainer profesional top lainnya.

Dibawah ini adalah hasil karyanya;

      Gambar original


      Gambar vector Pak Koen Edward, dikerjakan dengan CorelDRAW


Pada koleksi foto galeri dikronologinya beliau menuliskan beberapa kalimat yang bermakna seperti ini;
Untuk gradasi warna yg lebih njlimet, gunakan saja mesh fill tool pada CorelDRAW. Versi berapapun selama ada mesh-fillnya bisa. Tapi X6 yg paling sempurna.

Dan ada komentar tentang gambar tersebut dari Kang Choesny Muhammad yang masih terngiang di telinga, begini kira-kira kalimatnya;
Gambar tsb sudah mengungkapkan berjuta-juta kata pak Koen Edward.... kesabaran, talenta, intuisi, insting dan artistiknya sudah bisa dirasakan...

Pasti MasBro sekalian agak bingung mana foto yang asli dan mana yang vecor, jadi selama ini kita bisa menepis anggapan pada sebagian desainer yang terlalu mengagungkan bahkan mendewakan progran aplikasi tetangga. Jadi menurutku pada dasarnya aplikasi apapun kalau memang jago maka akan menghasilkan suatu gambar desain yang tidak mengecewakan.

Berikut adalah tips & tricks singkat dari Pak Koen Edward
Tips buat yang pengin nyoba meshfill wajah: mulai saja langsung dari wajahnya. Pelajari dulu pola gradasi warna dan gelap terangnya secara global. Abaikan dulu anggota wajah (mata, hidung dan bibir). Bikin anggota wajah secara terpisah. Awaki dengan bikin nodenya sesedikit mungkin, detil belakangan. Semoga membantu.
Berikut adalah bedah anatomi ala Pak Koen Edward, gambar tersebut mungkin masih bisa dieksplorasi detailnya dan untuk lebih afdolnya sampeyan bisa download di akhir postingan ini;


Semoga bermanfaat, sampeyan bisa download file CorelDRAW-nya dibawah ini sebagai refrensi untuk pembelajaran, salam vector.

DOWNLOAD (file .cdr X4, X5, X6)

0 comments:

Post a Comment