Pages

jangan terlalu larut dalam kesedihan ! Stress dehh

Stres, kesedihan atau pun depresi bisa terjadi kapan saja. Namun jika sering mengalami kondisi tersebut, cobalah melakukan hal-hal berikut ini agar bisa tetap bahagia dan happy.



Stres dan depresi yang terjadi dalam jangka waktu panjang bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun sehingga rentan terkena penyakit terutama yang menular. Karena itu tak ada salahnya menjaga diri tetap bahagia meski sedang stres.


Cara-cara mudah berikut ini bisa membantu melawan stres dan depresi serta mengembalikan senyum Anda


1. Memasak

Percaya atau tidak, memasak sebenarnya bisa melepaskan hormon stres dan mencerahkan suasana hati dalam waktu hitungan menit. Ini karena memasak melibatkan semua indera secara aktif.

Luangkan waktu 20 menit untuk memasak hidangan favorit dan biarkan orang lain mengonsumsinya. Jika ditambah dengan yoga dan meditasi bisa mencapai keadaan yang lebih rileks.


2. Melihat-lihat foto lama

Melihat foto lama bisa menjadi cara yang baik untuk mengaktifkan bagian otak yang menyimpan kenangan positif, dan studi menemukan melihat foto bisa memerangi depresi hingga 11 persen.


3. Merapikan meja

Jika seseorang melihat sesuatu yang berantakan maka hal ini akan mempengaruhi dan mengacaukan pikiran. Untuk itu cobalah merapikan meja agar terlihat lebih rapi dan bersih, sehingga pikiran akan jadi lebih tenang.


4. Bermain dengan hewan peliharaan

Banyak praktisi kesehatan yang percaya dengan terapi hewan peliharaan karena memiliki banyak manfaat. Penelitian menyebutkan berjalan-jalan dengan anjing, bermain atau bermalas-malasan sambil bermain dengan anjing dan kucing bisa meningkatkan semangat.


5. Mendengarkan musik

Musik tampaknya masih menjadi garis pertahanan pertama dalam mengalahkan depresi. Mendengarkan musik upbeat selama 5-10 menit bisa membuat seseorang merasa bahagia dan sukacita.


6. Manjakan diri sendiri

Memiliki waktu pribadi untuk memanjakan diri sendiri seperti pergi ke tempat favorit misalnya pantai, berendam di bathtub sambil membaca buku, menikmati cokelat panas atau hal lain, bisa menjadi cara sederhana melawan stres.


7. Kumpul dengan teman

Bersosialisasi dengan teman-teman seperti makan siang bersama bisa meningkatkan kebahagiaan dan menghilangkan perasaan negatif, sehingga tubuh melepaskan hormon yang membuat seseorang merasa lebih baik.


8. Tertawa lebar
Tertawa lebar bisa menghasilkan reaksi kimia yang langsung meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan tingkatkan kekebalan tubuh. Untuk membantu agar lebih mudah tertawa, cobalah menonton video lucu, melihat pertunjukkan binatang atau acara komedi lainnya.

0 comments:

Post a Comment