Pages

Hantam Milan 4-0, Barca Lolos ke Perempatfinal


Barcelona tampil gemilang di leg kedua babak 16 besar Liga Champions kontra AC Milan. Los Cules menang 4-0 sekaligus menghantarkan mereka ke perempatfinal usai menang agregat total 4-2.

Dalam laga yang dihelat di Camp Nou, Rabu (13/3/2013) dinihari WIB, Barca yang harus mengejar ketertinggalan dua gol di leg pertama sudah mencetak gol lewat Lionel Messi di menit kelima dan disusul di menit 38, kembali lewat Messi.

Di babak kedua Barca menambah gol lewat David Villa dan Jordi Alba. Dengan kemenangan 4-0 ini, Barca yang kalah 0-2 di leg pertama lolos ke babak delapan besar.

Jalannya Pertandingan

Baru empat menit laga berjalan gawang Milan sudah bobol. Messi mendapat bola sodoran di dekat kotak penalti dan dikawal sekitar 3-4 pemain, dengan cepat dia langsung menyepak bola ke pojok kanan atas gawang Christian Abbiati yang hanya terperangah melihat gawangnya bobol.

Gol cepat itu membuat Barca kian bernafsu mengejar gol dan di menit ke-12 Andres Iniesta melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti, bola ditepis Abbiati dan menghantam mistar. Bola rebound disambar Messi tapi masih menyamping di sisi gawang.

Lima menit setelahnya giliran Xavi Hernandez yang menguji ketangguhan Abbiati tapi bola tembakan dari jarak 25 yard masih bisa ditepisnya dan amanlah gawang Milan.

Milan mendapat kesempatan cetak gol di menit 36 lewat sebuah serangan balik di mana Mbaye Niang mendapat bola dan memasuki kotak penalti. Cuma tinggal berhadapan dengan Victor Valdes, bola hasil tembakan Niang menerpa tiang gawang.

Dua menit setelahnya Barca menggandakan keunggulan menjadi 2-0 sekaligus menyamakan agregat menjadi 2-2. Pencetak golnya siapa lagi kalau bukan Messi yang mendapat umpan pendek dari Iniesta dan langsung menembak bola melewati kaki Mexes dan bersarang di pojok kiri gawang. Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Tiga menit selepas restart Barca mendapat peluang melalui Messi yang berlari ke arah kanan kotak penalti Milan dan melepaskan sepakan yang masih lemah mengarah ke pelukan Abbiati.

Villa! Di menit 56 penyerang bernomor punggung tujuh itu menambah keunggulan Barca menjadi 3-0 setelah mendapatkan bola terobosan Xavi di kotak penalti. Berdiri bebas, Villa dengan mudah menaklukkan Abbiati di bawah mistar dengan sepakan melengkung ke pojok kanan. Barca kini memimpin agregat 3-2.

Milan kemudian nyaris menyamakan kedudukan di menit 82 ketika crossing Bojan Krkic dari sisi kiri menemui Robinho di kotak penalti. Sebelum Robinho mengeksekusinya, Jordi Alba dengan sigap mem-blok bola tersebut.

Di menit 92 Barca kemudian memastikan kelolosan mereka setelah Alba mencetak gol keempat timnya. Serangan balik dari Messi ke Alexis Sanchez yang kemudian memberi crossing ke sisi kiri, Alba menerima dan dengan mudah meneruskan ke dalam gawang Abbiati.

Susunan Pemain

Barcelona: Valdes, Dani Alves, Pique, Mascherano (Puyol 77'), Alba, Xavi, Sergio Busquets, Iniesta, Pedro (Adriano 83'), Villa (Alexis 73'), Messi

AC Milan: Abbiati, Constant, Zapata, Mexes, Abate, Montolivo, Ambrosini (Muntari 60'), Flamini (Bojan 74'), Boateng, Niang (Robinho 60'), El Shaarawy






Magical: Lionel Messi celebrates after vanquishing Milan's first leg advantage
Magical: Lionel Messi celebrates after vanquishing Milan's first leg advantage
Ecstasy: Gerard Pique roars with delight after Messi's second put the teams level on aggregate
Ecstasy: Gerard Pique roars with delight after Messi's second put the teams level on aggregate


Messi Akhiri Rekor Buruk Lawan Tim Italia



  Tak pernah seorang Lionel Messi membobol gawang tim-tim Seri A lewat open play. Namun melawan AC Milan, Rabu (13/3/2013) dinihari WIB jadi momen mengakhiri rekor buruk itu; dua gol dan Barca lolos ke perempatfinal.

Messi sebelumnya bersama Barca sudah sembilan kali bertemu klub-klub asal Negeri Pizza di Liga Champions dan baru mencetak tiga gol di mana semuanya dihasilkan lewat titik putih. Semua gol itu dihasilkan di laga kontra AC Milan musim lalu (satu di fase grup -- Barca menang 3-2 -- dan dua di perempatfinal -- Barca menang 3-1).

Di laga lainnya yakni satu kali melawan Udinese dan empat kali melawan Inter Milan, Messi mandul. Rekor terburuk Messi di Liga Champions selama ia mengenakan seragam Barca.

Namun di leg kedua babak 16 besar Liga Champions atau laga ke-10 Messi melawan wakil Italia, dia berhasil memutus rangkaian catatan buruk itu dan sekaligus membawa Barca lolos ke perempatfinal usai menang 4-0 (agregat total 4-2). Messi mencetak dua gol cantik, di mana salah satunya menembak bola di tengah kepungan pemain Milan di saat ia tidak punya banyak ruang tembak.

Selain mengakhiri rekor buruk itu, Messi juga menjadikan Milan salah satu favoritnya di Liga Champions karena ia sudah bikin lima gol ke gawang Rossoneri, terbanyak kedua setelah Wayne Rooney dengan enam gol.

Lalu Messi juga jadi topsorer kedua sepanjang sejarah Liga Champions dengan 58 gol, menggeser Ruud van Nistelrooy (56 gol) dan selisih 13 gol dengan Raul Gonzalez (71 gol) di posisi teratas.

"Belakangan Messi mendapatkan kritik dan juga seluruh pemain kami. Tapi hari ini kami memperlihatkan bagaimana kami bereaksi untuk itu," tutur asisten pelatih Barca, Jordi Roura, di Football Italia.

"Cara Messi bermain sepakbola begitu spesial dan faktanya dengan ia bermain seperti ini, kami bisa meraih kemenangan," tuntas Roura.




Poise: Messi bent the ball home from the edge of the box to get the scoring underway
Poise: Messi bent the ball home from the edge of the box to get the scoring underway

Great start: Before long Barcelona, thanks to Messi, had wiped out Milan's first leg advantage
Great start: Before long Barcelona, thanks to Messi, had wiped out Milan's first leg advantage


Gol Cepat yang Sangat Membantu Barca



  Barcelona akhirnya lolos ke babak perempatfinal Liga Champoins usai menang besar atas AC Milan. Gerard Pique menyatakan bahwa gol cepat dalam laga itu banyak membantu Los Cules memenangi laga.

Azulgrana yang harus mengejar tiga gol untuk lolos ke babak berikutnya, langsung tampil menggebrak pada pertandingan yang berlangsung di Camp Nou, Rabu (13/3/2013) dinihari WIB.

Pada menit kelima mereka sudah unggul berkat Lionel Messi. Pesepakbola asal Argentina itu membuat agregat sama 2-2 saat babak pertama selesai dengan gol keduanya di menit 39.

David Villa membuat para Barcelonista bersorak dengan gol yang dicetaknya pada menit 55. Jordi Alba membuat El Barca tak terkejar lagi usai menceploskan bola ke gawang Christian Abbiati di masa injury time.

Barca pun menang 4-0 dan memastikan satu tempat di babak perempatfinal setelah menang agregat 4-2.

Atas kemenangan tim asal Catalan itu, Pique menyadari bahwa gol cepat yang dicetak oleh Messi membuat keyakinan tim untukk bisa membalikan keadaan semakin tebal.

"Kami yakin (bisa lolos) sejak menit pertama. Kami beruntung bisa mencetak gol cepay dan itu banyak membantu kami," kata Pique di situs resmi UEFA.

Tak lupa juga Pique mlontarkan pujian bagi pendukung tim yang tak kenal lelah mendukung dan percaya Barca bisa meraup hasil maksimal.

"Atmosfer (pertandingannya) sangat luar biasa, pada fans tahu kami membutuhkan mereka dan untuk mereka kami bermain bagus."

"Kami lebih bagus dari Milan sejak awal pertandingan malam in dan beruntungnya kami bisa mencetak gol untuk lolos," imbuhnya.



Under siege: Abbiati pummels the ball away as Barcelona turned up the pressure
Under siege: Abbiati pummels the ball away as Barcelona turned up the pressure
Company: Messi is surrounded by Milan players but still manages to find a way to score
Company: Messi is surrounded by Milan players but still manages to find a way to score
At the double: Messi's second goal squeezes past Abbiati's outstretched left arm
At the double: Messi's second goal squeezes past Abbiati's outstretched left arm


Roura Tak Percaya Barca Bisa Menang Besar


 Asisten Pelatih Barcelona, Jordi Roura, mengaku terkejut dengan kemenangan besar yang diraih Barcelona. Ia menyebut tak sewajarnya Los Cules menang dengan skor 4-0 dari tim sekelas AC Milan.

Barca dalam kondisi tak menguntungkan pasca kekalahan 0-2 dari Milan di leg pertama tiga pekan lalu. Hasil yang mana membuat Barca dikritik dari berbagai penjuru dan membuat mereka dinilai sudah "habis".

Tapi di Camp Nou, Rabu (13/3/2013) dinihari WIB, Barca membungkam kritik yang ada lewat permainan ciamik sejak awal laga dan tak memberikan Milan kesempatan mengembangkan permainan. Selain peluang Mbaye Niang yang menerpa tiang di menit 36, Milan praktis kesulitan menembus pertahanan tuan rumah.

Alhasil gawang Christian Abbiati bobol empat kali oleh Lionel Messi (dua gol), David Villa dan Jordi Alba. Barca menang empat gol tanpa balas sekaligus menyingkirkan Milan dengan agregat total 4-2.

Usai pertandingan Roura mengaku tak percaya timnya bisa menang dengan skor besar dari tim seperti Milan yang di leg pertama tampil luar biasa dan membuat Barca mati kutu. Kemenangan ini pun Roura persembahkan untuk Tito Vilanova yang kini tengah menjalani penyembuhan pasca operasi tumor di New York.

"Mengalahkan Milan dengan skor 4-0 tidak wajar bagi tim manapun, bahkan untuk Barcelona. Mereka adalah tim yang hebat dan membuat kami sangat kesulitan. Jelas ini tidak normal bagi kami," ujar Roura kepada Sky Sport Italia.

"Ini kemenangan sangat penting untuk Vilanova. Dia kini dalam kondisi baik-baik saja dan sedang menuntaskan penyembuhannya di New York, jadi dia akan segera kembali. Kami senang bahwa kami bisa ada di Liga Champions, jadi kami bisa menyambutnya dengan tangan terbuka," demikian Roura.





Pulling the strings: Xavi (left) was at his influential best as Barcelona dominated possession
Pulling the strings: Xavi (left) was at his influential best as Barcelona dominated possession

Shackled... or not: Milan tried to keep Messi under wraps but failed miserably
Shackled... or not: Milan tried to keep Messi under wraps but failed miserably
Easy does it: Villa steers home the third with panache
Easy does it: Villa steers home the third with panache

Barca Ikuti Jejak Deportivo dan MU


  Keberhasilan Barcelona mengalahkan AC Milan dengan skor 4-0 membuat Los Cules mengikuti jejak Deportivo La Coruna dan Manchester United, yang memberikan kekalahan terbesar Rossoneri di Liga Champions.

Barca yang tertinggal 0-2 di leg pertama mengamuk di pertemuan keduanya dengan Milan di babak 16 besar Liga Champions di Camp Nou, Rabu (13/3/2013) dinihari WIB. Dua gol Lionel Messi plus tambahan dari David Villa serta Jordi Alba bikin mereka menang agregat total 4-2 dan lolos ke perempatfinal.

Kemenangan Barca ini membuat mereka jadi tim ketiga yang mampu mengalahkan Milan dengan skor empat gol tanpa balas sekaligus jadi kekalahan terbesar tim asal kota Mode itu sepanjang sejarah keikutsertaan di Liga Champions.

Sebelumnya Milan pernah kalah dengan skor serupa dari Deportivo (2003/2004) dan MU (2009/2010). Sementara untuk Barca keberhasilan melaju ke perempatfinal ini membuat mereka sudah enam kali lolos dari fase knockout, setelah tertinggal minimal dua gol di leg pertama.

Demikian dilansir Infostradalive.



Allegri: Milan Hanya Beberapa Sentimeter dari Lolos ke Perempatfinal

  Kalah telak dengan skor 0-4 membuat AC Milan harus membuang jauh impian lolos ke perempatfinal Liga Champions. Dalam pandangan Massimiliani Allegri, Rossoneri hanya berjarak beberapa sentimeter saja dari lolos ke delapan besar.

Berupaya mempertahankan keunggulan 2-0 di leg pertama, Milan bermain dengan strategi yang sama menggunakan formasi 4-3-3. Rossoneri yang tampil sangat gemilang dan bermain sangat disiplin dibuat tak berdaya di Camp Nou. Total empat gol bersarang di gawang Cristian Abbiati sepanjang 90 menit pertandingan.

Laga baru berjalan lima menit Barcelona sudah membuka keunggulan melalui Lionel Messi. Skor berubah menjadi 2-0 sebelum turun minum setelah pemain terbaik dunia itu kembali mencatatkan namanya di papan skor.

Sebelum Messi mencetak gol keduanya, M'Baye Niang punya peluang merobek gawang The Catalans andai sepakannya dalam posisi satu lawan sau dengan Victor Valdes tak membentur tiang gawang. Kegagalan tersebut disesali Allegri karena jika gol berhasil tercipta maka peruntungan timnya bisa berubah.

"Tentu saja kelolosan (ke perempatfinal) selalu hanya berjarak beberapa sentimeter. Kami membentur tiang melalui Niang, lalu kebobolan oleh gol Messi," sahut Allegri di Football Italia.

Bahkan setelah David Villa mencetak gol ketiga Barcelona, Milan masih berpeluang besar lolos karena skor 3-1 akan meloloskan Diavolo Rosso dengan aturan agresivitas tandang. Tapi alih-alih memperkecil ketinggala, gawang Abbiati justru kembali dibobol pada periode injury time oleh Jordi Alba.

"Kekalahan ini mengecewakan untuk klub, fans dan juga seluruh pemain, karena mereka telah memberikan segalanya dan juga harapan untuk bisa meraih sesuatu yang luar biasa. Malam ini berat menghadapi Barcelona, tapi kami masih menjaga peluang kami sampai akhir dan saat tertinggal 3-0 kami punya peluang-peluang yang harusnya bisa dimanfaatan dengan lebih baik," lanjut Allegri di Football Italia.

Ambrosini Sebut Milan Tampil di Bawah Standar

  Tim yang menghadapi Barcelona wajib tampil dengan permainan terbaiknya untuk meraih hasil diinginkan. Saat bertandang ke Camp Nou, AC Milan justru gagal memenuhi standar yang dibutuhkan.

Milan datang ke Barcelona dengan keunggulan dua gol hasil kemenangan di San Siro. Namun di 45 menit pertama pertandingan The Catalans sudah berhasil menyamakan agregat melalui dua gol Lionel Messi.

Rossoneri kemudian dalam posisi terjepit saat David Villa mencetak gol ketiga Blaugrana di awak babak kedua. Dan aksi Jordi Alba di menit-menit akhir pertandingan membuat Milan takluk dengan skor telak 0-4. Mimpi Milan untuk dapat tiket ke babak delapan besar pun melayang.

"Ini akhir dari mimpi. Kami tidak memenuhi standar yang diinginkan malam ini. Kami terus tertekan sejak awal dan bukan begitu performa yang kami butuhkan," sahut Massimo Ambrosini usai pertandingan

Milan sama sekali tak diberi ruang untuk mengembangkan permainan, dan bahkan nyaris tak diberi kesempatan menguasai bola, di babak pertama pertandingan. Lionel Messi dkk bermain ekstra ovensif dan memberi tekanan hebat sejak peluit pertama dibunyikan wait.

"Ini adalah pengalaman untuk belajar, sesuatu yang kami harus lewati. Saya harap ini bisa memberi efek bagus di masa depan. Sekarang target kami adalah kembali ke kompetisi (Seri A). Kami tak harus menguras tenaga di Liga Champions, jadi paling tidak kami kini bisa fokus ke Seri A," lanjut gelandang senior itu di Football Italia.

Milan sementara ini duduk di posisi dua klasemen Liga Italia. Skuat besutan Massimiliano Allegri punya kans naik ke posisi dua klasemen karena kini hanya terpaut dua angka dari Napoli di atasnya.


Watching on: Jordi Roura takes care of Barcelona in the absence of Tito Vilanova
Watching on: Jordi Roura takes care of Barcelona in the absence of Tito Vilanova
In tatters: Abbiati rages as Villa and Co celebrate their third goal of the night
In tatters: Abbiati rages as Villa and Co celebrate their third goal of the night


Villa Sudah Yakin Barca Bakal Singkirkan Milan


  David Villa tak pernah kehilangan optimisme bahwa Barcelona akan lolos meskipun tertinggal dua gol di leg pertama. Nyatanya ucapan Villa itu benar adanya dan Los Cules berhasil menyingkirkan AC Milan.

Barca dalam kondisi tak menguntungkan karena mereka kalah 0-2 dari Milan tiga pekan lalu. Hasil yang mana membuat Barca menerima kritik deras dari berbagai pihak dan bahkan ada yang menilai jika era Barca sudah habis.

Tapi ketika laga kedua di Camp Nou, Rabu (13/3/2013) dinihari WIB, dimulai Barca seperti tak terbebani dengan kekalahan itu dan langsung tancap gas. Hasilnya dua gol Lionel Messi membawa Barca unggul 2-0 di babak pertama lalu Villa serta Jordi Alba menambah dua gol di babak kedua.

Barca menang 4-0 dan lolos setelah unggul agregat total 4-2. Kemenangan yang menegaskan dominasi Barca di laga itu karena mereka bikin 14 tembakan dengan tujuh on goal sementara Milan cuma 10 kali.

Kemenangan yang disambut sukacita oleh Villa yang memang sejak awal sudah yakin Blaugrana bakal melaju ke perempatfinal sekaligus membungkam kritik yang ada belakangan.

"Sejak menit awal kami memang ingin menang. Kami yakin sejak awal bahwa kami bisa lolos," seru Villa di Football Espana.

"Kami pantas mendapatkannya. Dengan kemenangan ini, kami bisa melupakan hasil-hasil buruk sebelumnya," demikian Villa.


Perfect show: Villa celebrates in front of Barcelona's delighted fans after his superbly taken goalPerfect show: Villa celebrates in front of Barcelona's delighted fans after his superbly taken goal


sumber | iniunic.blogspot.com | http://sport.detik.com/sepakbola/read/2013/03/13/025536/2192284/1033/dua-gol-messi-bawa-barca-memimpin-2-0

0 comments:

Post a Comment