Pages

Gadis dengan Skoliosis Terburuk, Punggungnya Bisa Jadi 'Sirip Hiu'


Emily Crosby mengalami skoliosis yang membuat tulang belakangnya melengkung seperti ular. Saking parahnya, akan mencuat 'sirip hiu' dari punggungnya setiap kali ia membungkuk ke depan.

Tulang belakang Emily Crosby melengkung pada sudut 90 derajat di bagian atas sebelum memutar 50 derajat ke arah yang berlawanan. Ini merupakan salah satu kasus skoliosis terburuk yang pernah ditemui dokter.

Emily didiagnosis mengalami kelengkungan tulang belakang ketika berusia 13 tahun, setelah guru tarinya pertama kali melihat ada yang tidak sejajar di punggung Emily.

Kondisi tersebut tidak hanya mempengaruhi penampilannya, tetapi juga mengancam paru-paru yang berada di antara rusuk. Bila tidak segera diatasi, paru-parunya bisa hancur tertusuk tulang.




Emily yang kini masih duduk di bangku sekolah akhirnya menjalani operasi 11 jam untuk memasukkan batang titanium ke punggung untuk meluruskan tulang belakangnya. Ini merupakan operasi berisiko karena kelumpuhan siap menungggunya.

"Mereka harus mengangkat saya dari lantai ketika memberitahu saya. Itu mengerikan. Kami pikir dokter menunjukkan sebuah X-ray dari skenario terburuk tapi itu sebenarnya tulang putri saya," kenang Jackie (45 tahun), menceritakan bagaimana ia sangat terkejut pertama kali mengetahui kondisi Emily, seperti dilansir Thesun, Jumat (1/3/2013).

Ketika melakukan check up ke rumah sakit, Jackie hanya mengira akan melakukan pemeriksaan awal untuk putrinya. Namun karena kondisi tulang belakangnya begitu parah, dokter langsung menjadwalkan waktu untuk operasi.

"Saya menangis. Emily sangat fit dan aktif, sehingga kami tidak pernah tahu ada yang salah (di tubuhnya). Ia tidak pernah merasa sakit," lanjut wanita yang tinggal di Seaton Carew, Cleveland, Inggris.

Selain memiliki tulang belakang yang melengkung parah, punggung Emily juga bisa membentuk sirip ikan hiu. Tulang-tulangnya yang melengkung tiba-tiba mencuat keluar ketika tubuhnya membungkuk.

"Tulangnya mencuat seperti sirip ikan hiu. Saya sangat gugup ketika melihatnya masuk ruang operasi. Sangat mengerikan, satu pisau saya yang slip, dia bisa lumpuh," jelas ibunya.

Beruntung, operasinya berjalan sukes. Kini Emily sudah bisa melakukan split, hanya dua minggu setelah operasi. Ia pun kini tengah berlatih untuk menjadi penari dan pemain netball.

0 comments:

Post a Comment